No image available for this title

SKRIPSI PAI

IMPLEMENTASI MODEL KLINIS DALAM SUPERVISI AKADEMIK KEPALA MADRASAH TERHADAP KINERJA GURU MATA PELAJARAN FIKIH DI MA AL HUDA ROWOKELE KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2021/2022



Tujuan penelitian adalah: (1) Untuk mengetahui Deskripsi Pelaksanaan Model Klinis dalam Supervisi Akademik Kepala Madrasah di MA Al Huda Rowokele Kebumen Tahun Pelajaran 2021/2022. (2) Untuk mengetahui Faktor Pendukung dan Penghambat Implementasi Model Klinis dalam Supervisi Akademik Kepala Madrasah Terhadap Kinerja Guru Mata Pelajaran Fikih di MA Al Huda Rowokele Kebumen Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek yang diteliti adalah Kepala Madrasah dan Guru Mata Pelajaran Fikih. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Data yang dikumpulkan berupa data pelaksanaan Model Klinis dalam Supervisi Akademik Kepala Madrasah Terhadap Kinerja Guru Mata Pelajaran Fikih. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif. Teknis analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Deskripsi Pelaksanaan Model Klinis dalam Supervisi Akademik Kepala Madrasah Terhadap Kinerja Guru Mata Pelajaran Fikih di MA Al Huda Rowokele Kebumen Tahun Pelajaran 2021/2022 dengan melalui 3 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi tindak lanjut. Dalam hal ini kepala madrasah mempunyai tujuan agar guru mampu menguasai IT sehingga tidak tertinggal zaman dan juga nantinya dapat memajukan kuantitas dan kualitas guru. (2) Faktor yang mendukung dalam Implementasi Model Klinis dalam Supervisi Akademik Kepala Madrasah Terhadap Kinerja Guru Mata Pelajaran Fikih di MA Al Huda Rowokele Kebumen Tahun Pelajaran 2021/2022 yaitu dengan adanya respon yang baik dari para guru, kinerja guru yang profesional, kelengkapan administrasi, dorongan, motivasi dan arahan dari kepala madrasah yang baik serta kedisiplinan kepala madarasah, guru
dan peserta didik yang cukup baik. Adapun faktor penghambatnya yaitu rendahnya kemampuan IT dari guru, sarpras yang masih kurang dan juga strategi ataupun metode mengajar guru. Namun dengan adanya model klinis supervisi akademik sudah cukup signifikan yaitu kinerja profesional guru juga dapat dilihat dari penyelesaian administrasi yang cukup baik dan kedisiplinan guru meningkat, peningkatan kinerja guru berimbas kepada peningkatan nilai, perilaku dan prestasi siswa.


Ketersediaan

3693.Sb.PAPAI 3693 FAJ I 2022Perpustakaan IAINU KebumenTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
PAI 3693 FAJ I 2022
Penerbit IAINU Kebumen : kebumen.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
PAI 3693 FAJ I 2022
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this