No image available for this title

SKRIPSI PAI

Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Budaya Literasi Siswa di SMK MA'ARIF 4 Kebumen



Tujuan Penelitian adalah: (1) untuk mengetahui bagaimana budaya literasi di SMK Ma’arif 4 Kebumen; (2) untuk mengetahui bagaimana upaya yang dilakukan oleh guru PAI dalam meningkatkan budaya literasi siswa di SMK Ma’arif 4 Kebumen; (3) untuk mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat upaya guru PAI dalam meningkatkan budaya literasi siswa di SMK Ma’arif 4 Kebumen. Penelitian ini mengangkat fokus perihal upaya guru PAI terhadap peningkatan budaya literasi siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan triangulasi yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) peningkatan budaya literasi di SMK Ma’arif 4 Kebumen sudah baik; (2) upaya guru PAI dalam meningkatkan budaya literasi siswa, yaitu: memberikan motivasi, menyediakan buku dan modul yang berkualitas, membaca materi pembelajaran sebelum kegiatan pembelajaran dimulai, mengadakan program setiap siswa membawa satu buku bacaan non pelajaran, memberikan arahan dalam kegiatan e-learning, dan memberikan reward and punishment; serta (3) faktor pendorong upaya guru PAI dalam meningkatkan budaya literasi siswa antara lain: tersedianya sarana dan prasarana serta guru yang berpengalaman. Sedangkan faktor penghambat upaya guru PAI dalam meningkatkan budaya literasi siswa antara lain: dalam diri siswa (malas), minimnya ketersediaan kuota siswa untuk e-literasi, kurangnya ketersediaan buku, dan tidak ada bimbingan dari guru.


Ketersediaan

3767.Sb.PAPAI 3767 AIS u 2022Perpustakaan IAINU KebumenTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
PAI 3767 AIS u 2022
Penerbit IAINU Kebumen : kebumen.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
PAI 3767 AIS u 2022
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this