No image available for this title

SKRIPSI PAI

Implementasi Pendidikan Inklusif pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Alam Lukulo Pejagoan Kebumen



Tujuan Penelitian ini adalah: (1) Menganalisis implementasi pendidikan inklusif pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di Sekolah Dasar Alam Lukulo Kebumen (2) Mendeskripsikan kendala apa saja yang dihadapi dan solusinya dalam implementasi pendidikan inklusif pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di Sekolah Dasar Alam Lukulo Pejagoan Kebumen. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan, dimana penulis mengumpulkan data dengan melakukan studi mendalam berupa wawancara
dengan Kepala Sekolah, Guru PAI dan Guru Pendaping sebagai key informant (pemberi informasi kunci di sekolah) serta observasi terhadap fenomena yang terjadi dan mendokumentasikan data tersebut. Kemudian data tersebut dianalisis menggunakan metode deskriptif kualitatif yang dimaksudkan untuk mendeskripsikan situasi yang bersifat fakta. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa implementasi pendidikan inklusif pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di Sekolah Dasar Alam Lukulo Kebumen sudah baik, dimana dalam kegiatan pembelajaran PAI telah telah melakukan tahapan perencanaan yang matang, melakukan proses pembelajaran dengan beberapa strategi dan metode yang bervariasi yang telah disesuaikan dengan tingkat kemampuan anak serta melakukan evaluasi pembelajaran secara tes tertulis maupun lisan. Adapun kendala dalam implementasi pendidikan inklusif pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di Sekolah Dasar Alam Lukulo Kebumen terdiri dari kendala internal dan eksternal dinama setiap kendala yang dihadapi telah mendapatkan solusinya agar apa yang menjadi visi dan misi sekolah dapat terealisasikan dengan baik.


Ketersediaan

3644.Sb.PAPAI 3644 RIJ i 2022Perpustakaan IAINU KebumenTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
PAI 3644 RIJ i 2022
Penerbit IAINU Kebumen : kebumen.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this