No image available for this title

SKRIPSI PGMI

Strategi Guru untuk Meningkatkan Minat Belajar Matematika pada Siswa Kelas II MIN 4 Kebumen



Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui strategi guru untuk meningkatkan minat belajar matematika pada siswa kelas II Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Kebumen, (2) untuk mengetahui kendala yang dihadapi guru saat meningkatkan minat belajar matematika pada siswa kelas II Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Kebumen. Pendekatan penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian yakni kepala sekolah, guru kelas II, dan siswa kelas II Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Kebumen. Metode pengumpulan data diperoleh dengan observasi dan wawancara, sedangkan teknik analisi data menggunakan analisis data kualitatif dengan langkah yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, kemudian verifikasi data/ penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian yang dilakukan, dapat diperoleh kesimpulan yakni: 1) Strategi guru untuk meningkatkan minat belajar matematika pada siswa kelas II Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Kebumen adalah dengan melakukan ice breaking saat pembelajaran, menggunakan strategi pembelajaran realistik, strategi pembelajaran aktif, pembelajaran individu dan pembelajaran kelompok, mengajar dengan mengkombinasikan metode pembelajaran, menggunaka media pembelajaran yang sesuai, dan dengan memberikan penghargaan atau hadiah kepada siswa; 2) Kendala yang dihadapi guru saat meningkatkan minat belajar matematika adalah kondisi kesehatan dan kebugaran tubuh siswa, kemampuan pemahaman siswa yang berbeda-beda, sikap dan perilaku siswa, lingkungan keluarga dan teman sekelas yang tidak baik, dan kondisi lingkungan yang buruk.


Ketersediaan

086.Sb.PGPGMI 086 AND s 2022Perpustakaan IAINU KebumenTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
PGMI 086 AND s 2022
Penerbit IAINU Kebumen : kebumen.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
PGMI 086 AND s 2022
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this