No image available for this title

SKRIPSI PAI

Implementasi Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Dasar Sains Nusantara Kebumen



Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi dan kendala dalam kurikulum merdeka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa kelas 1 SD Sains Nusantara Kebumen. Metode yang digunakan adalah pendekatan penelitian kualitatif dan jenis penelitian yang dilakukan adalah eksperimen. Desain yang digunakan adalah desain penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa kurikulum merdeka sudah mulai diterapkan di SD Sains Nusantara Kebumen pada kelas 1 dengan baik. Penerapan kurikulum merdeka dilakukan dalam bentuk pembelajaran berdeferensiasi dan penggunaan perangkat ajar yang disediakan oleh pemerintah pusat. Kendala yang dialami dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka yang pertama adalah terkait dengan kurikulum itu sendiri yang masih baru menyebabkan perlu adanya pelatihan, penyesuaian dan pemahaman yang lebih agar dalam penerapannya bisa maksimal dan mencapai tujuan yang diinginkan. Kedua, pemenuhan administrasi guru berupa penyelesaian evaluasi guru yang dianggap menjadi beban tersendiri oleh guru mata pelajaran.


Ketersediaan

3805.Sb.PAPAI 3805 PRA i 2022Perpustakaan IAINU KebumenTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
PAI 3805 PRA i 2022
Penerbit IAINU Kebumen : kebumen.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
PAI 3805 PRA i 2022
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this