Detail Cantuman
Advanced SearchSKRIPSI PAI
Implementasi Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Dasar Sains Nusantara Kebumen
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi dan kendala dalam kurikulum merdeka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa kelas 1 SD Sains Nusantara Kebumen. Metode yang digunakan adalah pendekatan penelitian kualitatif dan jenis penelitian yang dilakukan adalah eksperimen. Desain yang digunakan adalah desain penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa kurikulum merdeka sudah mulai diterapkan di SD Sains Nusantara Kebumen pada kelas 1 dengan baik. Penerapan kurikulum merdeka dilakukan dalam bentuk pembelajaran berdeferensiasi dan penggunaan perangkat ajar yang disediakan oleh pemerintah pusat. Kendala yang dialami dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka yang pertama adalah terkait dengan kurikulum itu sendiri yang masih baru menyebabkan perlu adanya pelatihan, penyesuaian dan pemahaman yang lebih agar dalam penerapannya bisa maksimal dan mencapai tujuan yang diinginkan. Kedua, pemenuhan administrasi guru berupa penyelesaian evaluasi guru yang dianggap menjadi beban tersendiri oleh guru mata pelajaran.
Ketersediaan
3805.Sb.PA | PAI 3805 PRA i 2022 | Perpustakaan IAINU Kebumen | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
PAI 3805 PRA i 2022
|
Penerbit | IAINU Kebumen : kebumen., 2022 |
Deskripsi Fisik |
-
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
PAI 3805 PRA i 2022
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek |
-
|
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
-
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain